Berita

Sosialisasi PKM DIKTI Pendanaan 2016

Hari Rabu (9/9/2015) ruang Aula lantai 2 Gedung Fakultas Teknologi Pertanian dipenuhi oleh mahasiswa FTP angkatan 2012 sampai angkatan 2015 yang ingin mengikuti sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemahasiswaan FTP dan lembaga kegiatan mahasiswa ARSC ini merupakan langkah  awal yang dilakukan mengingat adanya penerimaan proposal PKM DIKTI tahun pendanaan 2016 sesuai surat dari RISTEKDIKTI no. 1978/E5.3/KPM/2015 yang dapat dilihat di http://simlitabmas.dikti.go.id/.

sosialisasi PKM dikti

Sambutan Wakil Dekan 3 FTP, Yusuf Hendrawan, PhD

Kegiatan sosialisasi diawali dengan pembukaan oleh Wakil Dekan III FTP, Yusuf Hendrawan, STP, M.App.Life.Sc, PhD yang kemudian dilanjutkan ke acara inti yaitu presentasi sosialisasi oleh Angky Wahyu Putranto, STP, MP. Sosialisasi dimulai dengan menjelaskan macam-macam bidang PKM dan apa saja yang ada di masing-masing skim PKM seperti bidang penelitian (PKM-P), kewirausahaan (PKM-K), pengabdian masyarakat (PKM-M), penerapan teknologi (PKM-T), karsa cipta (PKM-KC), penulisan artikel ilmiah dan gagasan tertulis (PKM-AI dan PKM-GT). “Hal semacam ini sangat perlu diperhatikan untuk semua mahasiswa, jangan  sampai salah alamat untuk program yang akan dibuat usulan, karena jika salah kamar, maka dari awal akan sudah di reject oleh panitia, jelas Yusuf Hendrawan, PhD pada saat pembukaan acara. Selain jelas jenis program yang dituju, syarat administrasi juga perlu perhatian khusus, ini merupakan gerbang awal apakah proposal itu layak atau tidak untuk didanai, imbuhnya.

sosialisasi PKM1

Penjelasan PKM DIKTI oleh Angky Wahyu Putranto, MP

Setelah diskusi dan tanya jawab pada sesi sosialisasi, acara kemudian dilanjutkan oleh tim ARSC yang menjelaskan tentang jadwal dan teknis kegiatan AGRIFAST. Adapun deadline pengumpulan proposal dapat dilihat disini. Kegiatan sosialisasi ini juga merupakan langkah penting untuk tetap mempertahankan prestasi FTP di bidang penulisan karya ilmiah. Pada tahun 2015 FTP mampu mencapai 89 judul PKM yang didanai dan  merupakan judul terbanyak yang didanai se-Universitas Brawijaya. Dari 89 Judul, FTP juga meloloskan 10 Judul yang masuk PIMNAS untuk dipresentasikan di level Nasional di Universitas Halu Oleo, Kendari tanggal 5-10Oktober 2015.  Pada event PIMNAS ke 28 tahun 2015 ini, 9 judul tersebut disumbang oleh mahasiswa Jurusan Keteknikan Pertanian.

Semoga dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, akan lebih banyak judul yang diajukan dan didanai, sehingga prestasi mahasiswa FTP khususnya di Jurusan Keteknikan Pertanian di bidang karya tulis ilmiah akan lebih tinggi dan membawa nama baik Jurusan Keteknikan Pertanian FTP UB di level Nasional. (awp)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top